Kamis, 18 Juli 2019

SELAMAT MENGUNJUNGI WEBSITE BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN NONFORMAL. PELAKSANAAN AKREDITASI SATUAN PAUD DAN PNF GRATIS/TIDAK BERBAYAR
close x

Training of Trainers (ToT) Asesor PAUD dan PNF Tahun 2019 : Dari Compliance ke Performance

Training of Trainers (ToT) Asesor PAUD dan PNF Tah_1557287104.jpg

Bertempat di Hotel Atria Serpong, Tangerang, BAN PAUD dan PNF menyelenggarakan Pelatihan Training of Trainers (ToT) Asesor. Kegiatan diikuti oleh asesor PAUD dan PNF terpilih dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Pelatihan bertujuan untuk menyiapkan peserta menjadi pelatih dalam tahapan kegiatan akreditasi. Dalam waktu terdekat, alumni Pelatihan Training of Trainers (ToT) akan ditugaskan dalam Pelatihan Refreshment Asesor (PRA) bagi asesor di setiap provinsi.

Pelatihan Training of Trainers (ToT) dilaksanakan pada 2 s.d 5 Mei 2019. Pelatihan diikuti oleh 170 asesor yang terdiri dari 96 asesor PAUD, 37 asesor LKP dan 37 asesor PKBM. Kegiatan dibuka oleh Kabalitbang, Ir. Totok Suprayitno, Ph.D.  Dalam sambutan pembukaannya, Kabalitbang berharap para peserta Pelatihan Training of Trainers (ToT) berkonstribusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui perannya sebagai asesor.

Selain narasumber dari BAN PAUD dan PNF, pelatihan Training of Trainers (ToT) juga dihadiri oleh Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Bambang Suryadi, Ph.D. Dalam paparannya, beliau menjelaskan kebijakan dan program BSNP. Juga ditegaskan pentingnya sinergi antara BAN PAUD dan PNF dan BSNP terkait pengembangan Instrumen Penilaian Akreditasi (IPA) yang baru. Selain itu, juga hadir Sekretaris Balitbang Ir. Dadang Sudiyarto, MA. Dalam paparannya, beliau menegaskan pentingnya Asesor sebagai ujung tombak pelaksanaan akreditasi yang berkualitas. Pelaksana kegiatan juga dipesan untuk mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan untuk memenuhi daya serap anggaran. Komitmen ini penting karena disepakati bahwa batas penyerapan anggaran di setiap BAN PAUD dan Provinsi sebesar 70 persen pada 15 Agustus 2019.   

Materi pelatihan diberikan dalam bentuk teori dan praktik. Dalam kegiatan praktik, peserta mengaplikasikan Sispena (Sistem Penilaian Akreditasi) edisi terbaru pada semua tahapan akreditasi mulai tahapan EDS-PA, Klasifikasi Permohonan Akreditasi (KPA), Visitasi,  hingga Validasi dan Verifikasi. Dalam praktiknya, asesor ditekankan agar melakukan kegiatan akreditasi, dengan melakukan wawancara, observasi, dan analisis dokumen terhadap lembaga dalam mengimplementasikan delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Hasil akreditasi diharapkan menggambarkan kinerja lembaga yang diakreditasi.

Selain mengaplikasikan aplikasi terbaru (Sispena 2.0), peserta juga melakukan praktik sebagai narasumber/fasilitator dalam bentuk peer teaching. Dalam kegiatan praktik, peserta didampingi narasumber BAN PAUD dan PNF, juga ada fasilitator, tim ahli dan sekretariat di setiap kelompok. Peserta tampak antusias mengikuti pelatihan yang diberikan BAN PAUD dan PNF. Kegiatan Pelatihan Training of Trainers (ToT) ditutup oleh Ketua BAN PAUD dan PNF, Prof. Dr. Supriyono, M.Pd.

Ketua BAN PAUD dan PNF memotivasi peserta untuk meningkatkan kinerja para asesor sehingga menghasilkan pelaksanaan akreditasi yang berkualitas, dari compliance ke performance. Beliau juga berpesan pada peserta Pelatihan Training of Trainers (ToT) untuk membimbing asesor di daerah dalam pelaksanaan akreditasi sehingga hasilnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan nasional.