Jumat, 10 Juli 2020

SELAMAT MENGUNJUNGI WEBSITE BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN NONFORMAL. PELAKSANAAN AKREDITASI SATUAN PAUD DAN PNF GRATIS/TIDAK BERBAYAR
close x

Reviu Rubrik Penilaian Akreditasi BAN PAUD Dan PNF Tahap I

Reviu Rubrik Penilaian Akreditasi BAN PAUD Dan PNF_1508378385.JPG

Jakarta -- Kemendikbud, Dalam pelaksanaan akreditasi BAN PAUD dan PNF sejak tahun 2015 telah menggunakan Instrumen Akreditasi. PAUD, LKP dan PKBM dan diterapkan pada 4757 asesi pada tahun 2015 dan 9631 asesi pada tahun 2016 sesuai pengajuan akreditasinya.

Dalam rangka pengembangan berkelanjutan (continuous Improvement), BAN PAUD dan PNF pada tahun 2016 menyelenggarakan Reviu Instrumen yang akan menjadi titik tolak dalam pengembangan Instrumen PAUD, LKP, PKBM pada tahun 2017.

Sebagai lanjutan dari kegiatan Reviu Instrumen Akreditasi pada tahun 2016, maka pada tahun 2017 ini dilaksanakan kegiatan Reviu Rubrik Penilaian Akreditasi Tahap I, tanggal 16 Maret 2017 bertempat di Ruang Sidang BAN PAUD dan PNF, Kompleks Ditjen Dikdasmen Kemdikbud Gedung F Lt.2, Jl.RS Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan.

Tujuan reviu rubrik penilaian akreditasi adalah untuk meningkatkan kesesuaian dan kelayakan rubrik penilaian akreditasi, dengan melalui langkah-langkah tahapan reviu instrumen.

Narasumber Ahli dan Narasumber Teknis yang terlibat dalam kegiatan reviu rubrik penilaian akreditasi Tahap I terdiri atas :

1. PAUD

Dr. Cipto Sumadi, M.Si. (Akademisi PAUD), M.Pd, Yulia Djuhana, M.Pd. (Praktisi PAUD), Yuni Herlina, M.TPd. (Asesor PAUD), Nadholirotul Laily, M.Psi (Asesor PAUD)

2. LKP

Tulus Suko Bagiyo, S.Kom (Asesor LKP), Jais Susilo, SE (Asesor LKP), Dr. Rina Febriana, M.Pd (Tim Ahli Universitas Negeri Jakarta)

3. PKBM

Lilik Subaryanto, S.S (Asesor PKBM), Noer Widyastuti, S.Si (Asesor PKBM), Ni Kadek Suartini, SE., M.Pd (Asesor PKBM)

Tahapan yang dilalui dalam pelaksanaan reviu rubrik penilaian akreditasi yaitu; Konfirmasi tentang kesesuaian instrumen akreditasi PAUD-LKP-PKBM secara yuridis dan teoritis dengan master kisi-kisi; Reviu rubrik berdasarkan instrumen yang valid dan reliabel; Uji empiris rubrik penilaian akreditasi PAUD-LKP-PKBM; Analisis dan Revisi Hasil Uji Empiris Rubrik Penilaian Akreditasi PAUD-LKP-PKBM; Seminar: Penetapan dan pengesahan rubrik penilaian akreditasi PAUD-LKP-PKBM; Finalisasi.

Diharapkan dari pelaksanaan Reviu Instrumen Akreditasi pada tahun 2016 dan Reviu Rubrik Penilaian Akreditasi pada Tahun 2017 diperoleh perangkat akreditasi program dan satuan PAUD, LKP, PKBM yang valid dan reliable sebagai dasar pengajuan Revisi Instrumen Akreditasi yang akan diberlakukan di Tahun 2017.

Jakarta, 16 Maret 2017