Sabtu, 04 Februari 2023

SELAMAT MENGUNJUNGI WEBSITE BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN NONFORMAL. PELAKSANAAN AKREDITASI SATUAN PAUD DAN PNF GRATIS/TIDAK BERBAYAR
close x

Seminar Hasil Reviu Rubrik Penilaian Akreditasi PAUD dan PNF (PAUD, LKP, PKBM)

Seminar Hasil Reviu Rubrik Penilaian Akreditasi PA_1508399632.png

Jakarta, Kemendikbud -- Dalam pelaksanaan akreditasi BAN PAUD dan PNF sejak tahun 2015 telah menggunakan Instrumen Akreditasi. PAUD, LKP dan PKBM dan diterapkan pada 4757 asesi pada tahun 2015 dan 9631 asesi pada tahun 2016 sesuai pengajuan akreditasinya.

Dalam rangka pengembangan berkelanjutan (continuous Improvement), BAN PAUD dan PNF pada tahun 2016 menyelenggarakan Reviu Instrumen yang akan menjadi titik tolak dalam pengembangan Instrumen PAUD, LKP, PKBM pada tahun 2017. Sebagai lanjutan dari kegiatan Reviu Instrumen Akreditasi pada tahun 2016, maka pada tahun 2017 ini dilaksanakan Seminar Hasil Reviu Rubrik Penilaian Akreditasi yang merupakan kelanjutan dari tahap sebelumnya, Reviu Rubrik Penilaian Akreditasi Tahap III. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2017 bertempat di Hotel Best Western Premiere The Hives, Jl. D.I. Panjaitan Kav.3-4, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Tujuan seminar hasil reviu rubrik penilaian instrumen akreditasi adalah untuk meningkatkan kesesuaian dan kelayakan rubrik penilaian instrumen akreditasi, dengan melalui langkah-langkah tahapan reviu rubrik penilaian instrumen akreditasi.

Narasumber kegiatan reviu rubrik penilaian instrumen akreditasi ini terdiri atas narasumber Anggota BAN PAUD dan PNF, Narasumber Ahli dan Narasumber Teknis.

Narasumber Anggota BAN PAUD dan PNF dalam kegiatan ini berjumlah 6 orang terdiri atas:

  1. 1.  Ir. Perdana Afif Luthfy, MT.
  2. 2.  Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd.
  3. 3.  Prof. Dr. Ir. Netti Herawati, M.Si.
  4. 4.  Dr. Nurlaila Mei Tientje, M.Pd.
  5. 5.  Dr. Ari Fadiati, M.Si.
  6. 6.  Dr. Suwandi, M.Psi.

Narasumber Teknis dalam kegiatan ini berjumlah 2 orang terdiri atas:

  1. 1.  Dr. Herlina Hasan, M.Pd. (Asesor PAUD)
  2. 2.  Dra. Rahmitha P. Soendjojo, Psi. (Asesor PAUD)

Kegiatan seminar hasil reviu rubrik penilaian instrumen akreditasi ini menghadirkan 100 Peserta yang seluruhnya merupakan asesor BAN PAUD dan PNF yang terdiri atas Asesor PAUD (44 orang), LKP (28 orang), dan PKBM (28 orang) yang berasal dari Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Dari kegiatan ini diharapkan akan diperoleh perangkat akreditasi program dan satuan PAUD, LKP, dan PKBM yang lebih valid, obyektif, reliable dan akuntabel sehingga pelaksanaan akreditasi PAUD dan PNF tahun ini mampu mencapai tujuan yang diharapkan.

Jakarta, 29 Maret 2017