Kamis, 18 Juli 2019

SELAMAT MENGUNJUNGI WEBSITE BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN NONFORMAL. PELAKSANAAN AKREDITASI SATUAN PAUD DAN PNF GRATIS/TIDAK BERBAYAR
close x

Pelatihan Refreshment Asesor (PRA) Tahun 2019

Pelatihan Refreshment Asesor (PRA) Tahun 2019_1557993534.png

BAN PAUD dan PNF secara bertahap melaksanakan Pelatihan Refreshment Asesor (PRA). Kegiatan PRA dilaksanakan untuk menyegarkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan asesor PAUD dan PNF. Penyegaran dilakukan seiring dengan kebijakan dan mekanisme baru BAN PAUD dan PNF. Diantara kebijakan terbaru adalah penggunaan instrumen baru untuk akreditasi PAUD, LKP, dan PKBM. Disamping itu juga ada kebijakan penggunaan sistem penilaian akreditasi versi baru (Sispena 2.0). PRA juga penting untuk memetakan kelayakan asesor terkait penugasannya dalam tahapan-tahapan akreditasi.

Untuk mewujudkan akreditasi berkualitas, posisi asesor sangat penting. Asesor merupakan tenaga profesional yang memenuhi persyaratan untuk diangkat dan ditugaskan oleh BAN PAUD dan PNF. Asesor ditugaskan untuk melakukan penilaian terhadap kelayakan satuan pendidikan sebagai bagian dari proses akreditasi. Untuk itu, asesor perlu secara terus-menerus ditingkatkan kompetensinya seiring dengan perkembangan kebijakan dalam penilaian akreditasi versi terbaru. Pada konteks ini pelatihan peningkatan kompetensi asesor merupakan kebutuhan yang mutlak untuk menjamin terlaksananya akreditasi yang berkualitas sesuai kebijakan BAN PAUD dan PNF.

Pada tahun 2019 terdapat perubahan kebijakan BAN PAUD dan PNF yang cukup signifikan. Diantaranya perubahan orientasi akreditasi dari sekedar pemenuhan standar pendidikan (compliance) ke kinerja atau performansi satuan pendidikan dalam melaksanakan penjaminan mutu (performance). Juga perubahan sasaran akreditasi dari program ke satuan. Jika sebelumnya yang dinilai adalah program, maka mulai 2019 ini yang diakreditasi adalah satuan yang menyelenggarakan program. Perubahan kebijakan tersebut berdampak pada instrumen akreditasi yang digunakan, termasuk sistem penilaian akreditasinya. Oleh karena itu, semua asesor harus mengikuti PRA agar memperoleh penguatan dalam berbagai hal yang dibutuhkan untuk pelaksanaan tugas visitasi dan validasi secara online melalui Sispena 2.0. Asesor yang tidak mengikuti PRA, tidak dapat ditugaskan dalam akreditasi 2019.

Penyelenggaraan PRA dilaksanakan oleh setiap BAN PAUD dan PNF Provinsi. Pelaksanaan PRA dibagi menjadi empat tahap pelaksanaan, meliputi Tahap I (10 s.d 12 Mei 2019), Tahap II (17 s.d 19 Mei 2019), Tahap III (24 s.d 26 Mei 2019), dan Tahap IV (14 s.d 16 Juni 2019). PRA dilaksanakan dengan menekankan pada materi teori dan praktik. Kelas dibagi menjadi pleno dan kelompok. Materi yang diberikan pada peserta PRA meliputi; kebijakan dan mekanisme, panduan visitasi dan validasi, Sispena 2.0, kode etik asesor, penulisan catatan perbutir dan perstandar, serta pengenalan dan praktik Sispena 2.0.

Diharapkan dengan PRA ini asesor mampu melaksanakan tugasnya pada kegiatan pelaksanaan akreditasi PAUD dan PNF pada tahapan visitasi dan validasi. Selanjutnya, untuk informasi lebih lengkap mengenai jadwal kegiatan PRA di BAN PAUD dan PNF Provinsi dapat diunduh disini.

Berita terkait :

Ganjar: Asesor Berkualitas Bisa Tentukan Kualitas PAUD dan PNF di Jawa Tengah

(sumber : https://www.kompas.com)