Selasa, 15 Oktober 2019

SELAMAT MENGUNJUNGI WEBSITE BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN NONFORMAL. PELAKSANAAN AKREDITASI SATUAN PAUD DAN PNF GRATIS/TIDAK BERBAYAR
close x

Pelatihan Calon Asesor (PCA) BAN PAUD dan PNF Tahun 2019

Pelatihan Calon Asesor (PCA) BAN PAUD dan PNF Tahu_1561454774.png

Pada tahun 2019 pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD dan PNF) akan melakukan penilaian kelayakan terhadap 35.750 satuan PAUD dan PNF di seluruh Indonesia. Salah satu komponen sistem akreditasi adalah tim tenaga asesor yang berkualitas.

Guna memenuhi target penilaian tersebut maka dibutuhkan sejumlah asesor yang akan melaksanakan proses akreditasi. Asesor yang telah dimiliki oleh BAN PAUD dan PNF saat ini belum cukup untuk menilai seluruh lembaga yang menjadi target penilaian. Oleh karena itu BAN PAUD dan PNF telah melaksanakan proses seleksi calon asesor untuk memenuhi kekurangan.

Keberhasilan proses akreditasi sesuai dengan target yang telah ditetapkan tahun 2019 adalah amanah dan tanggung jawab yang harus diselesaikan oleh BAN PAUD dan PNF. Untuk itu dibutuhkan asesor yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang handal dalam menilai dan melaksanakan proses akreditasi dari setiap tahap.

Guna mewujudkan asesor yang berintegritas dan berkualitas maka diperlukan pelatihan bagi calon asesor agar mereka memiliki kemampuan dan kompetensi yang memadai hingga layak diberi tugas untuk melaksanakan rangkaian proses akreditasi.

Melalui pelatihan calon asesor PAUD dan PNF ini peserta akan dibekali berbagai materi yang mencakup aspek-aspek konseptual, Kebijakan, Kode Etik Asesor dan teknik penilaian akreditasi berbasis Sispena 2.0 dengan tahapan Evaluasi Diri Satuan Prasarat Akreditasi (EDS-PA), visitasi, validasi dan verifikasi.

Pola penyelenggaraannya disusun agar peserta benar-benar memperoleh pemantapan dalam berbagai hal yang dibutuhkan untuk kelancaran pelaksanaan tugasnya.

Diharapkan dengan bekal pelatihan ini para asesor memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugas akreditasi. Selain itu para asesor juga diharapkan dapat memberikan penilaian tidak hanya sebatas compliance namun lebih ke performa lembaga.

Berikut Jadwal Pelaksanaan Pelatihan Calon Asesor BAN PAUD dan PNF:

  1. Tanggal 13-16 Juni 2019
    1. Jawa Tengah (DI Yogyakarta)
    2. Jawa Timur
  2. Tanggal 27-30 Juni 2019
    1. Sumatera Utara (Aceh)
    2. Riau
    3. Bali (NTB, NTT)
    4. Maluku
    5. Lampung (Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan)
  3. Tanggal 28 Juni-1 Juli 2019
    1. DKI Jakarta (Kep. Bangka Belitung dan Kepri)
  4. Tanggal 4-7 Juli 2019
    1. Kalimantan Timur (Kalimantan Utara)
    2. Kalimantan Selatan
    3. Papua (Papua Barat)
    4. Jawa Barat
    5. Sulawesi Selatan (Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat)
    6. Banten
    7. Sulawesi Utara (Maluku Utara)

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan download infografis Pelatihan Calon Asesor (PCA) BAN PAUD dan PNF Tahun 2019 disini.