Jumat, 19 April 2024

SELAMAT MENGUNJUNGI WEBSITE BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN NONFORMAL. PELAKSANAAN AKREDITASI SATUAN PAUD DAN PNF GRATIS/TIDAK BERBAYAR
close x

Pelatihan Calon Asesor (PCA) BAN PAUD dan PNF Provinsi Jawa Barat Tahun 2018

Pelatihan Calon Asesor (PCA) BAN PAUD dan PNF Prov_1534219819.jpeg

Bandung, Kamis (9/8/2018), sejumlah 66 orang calon asesor BAN PAUD dan PNF yang berasal dari Jawa Barat (Jabar) mengikuti pembukaan Pelatihan Calon Asesor (PCA). Mereka adalah pelamar yang telah lolos rekrutmen portofolio calon asesor 2018 tahap ke-3. Para pelamar ini berasal dari 27 kota/kabupaten se-Jabar.

Pelatihan yang dilaksanakan di Travello Hotel, Jalan Dr. Setia Budi Kota Bandung, berlangsung sampai Tanggal 12 Agustus 2018.  Materi yang diberikan untuk membekali peserta diantaranya: Kebijakan dan Mekanisme Akreditasi, Kode Etik BAN PAUD dan PNF, Proses Akreditasi, serta Konsep Delapan Standar PAUD dan PNF. Selain materi teori, peserta juga dibekali keterampilan tahapan penilaian akreditasi secara online Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena).

Untuk materi praktek ini setiap peserta langsung didampingi narasumber dari BAN PAUD dan PNF Provinsi Jawa Barat. Semua materi pelatihan, baik teori atau praktik, diberikan untuk memastikan peserta menjadi asesor yang berkualitas. Dengan demikian, harapan sistem penilaian akreditasi dari complience ke performance benar-benar terwujud. Hadir sebagai narasumber, Dr. Eneng Darol Alfiah, M.Si (Anggota BAN PAUD dan PNF).

Selain secara resmi membuka kegiatan PCA, kesempatan tersebut dimanfaatkan Dr. Eneng Darol Alfiah, M.Si untuk memberikan arahan, harapan, dan materi terkait kebijakan BAN PAUD dan PNF. Semua materi tersebut sangat penting sebagai panduan pelaksanaan Akreditasi. Pada kesempatan itu, calon asesor dihimbau untuk berkomitmen demi kesuksesan pelaksanaan akreditasi di wilayah Jawa Barat. Pada tahun ini Jabar menargetkan 3.750 lembaga terakreditasi.

Sementara itu, Ketua BAN PAUD dan PNF Provinsi Jawa Barat, Ir. Zulkarnaen, dalam sambutannya mengharapkan seluruh peserta lulus dan ditetapkan menjadi Asesor dengan nilai yang memuaskan. Untuk mendukung tercapainya harapan tersebut, pelaksanaan PCA dikomandani Devi Sulaeman sebagai penanggung jawab sekaligus narasumber. Dia didukung tiga narasumber terpilih: Betty Sabana, Noer Widiastuti, dan Rusilowaty.* 

 

Oleh :

Dr. Eneng Darol Afiah, M.Si.  

Anggota BAN PAUD dan PNF