Jumat, 03 Desember 2021

SELAMAT MENGUNJUNGI WEBSITE BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN NONFORMAL. PELAKSANAAN AKREDITASI SATUAN PAUD DAN PNF GRATIS/TIDAK BERBAYAR
close x

Pelatihan Aplikasi Sistem Untuk Akreditasi 2021

Oleh: Ade Cahyana, M.Sc. dan Afriyanto Subekti, S.Si

Pelatihan Aplikasi Sistem Untuk Akreditasi 2021_1623395768.png

Pengembangan sistem akreditasi BAN PAUD dan PNF terus dilakukan seiring adanya beberapa kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pengembangan sistem akreditasi BAN PAUD dan PNF sejatinya telah dilakukan sejak 2020. Namun demikian, hasilnya terus disempurnakan pada 2021. Kebijakan BAN PAUD dan PNF tentang pengembangan sistem akreditasi dalam aplikasi Sispena 3.1 meliputi:

(1) Proses asesi dalam melampirkan dokumen sesuai instrumen Penilaian Prasyarat Akreditasi (PPA) melalui sispena 3.1; (2) Proses penilaian Klasifikasi Permohonan Akreditasi (KPA) yang dilakukan Asesor; (3) Pengintegrasian database eksternal dengan aplikasi Sispena 3.1 yang membantu satuan pendidikan dalam pemenuhan PPA; (4) Prosedur pendataan Sispena 3.1 mulai dari tahapan pengisian PPA sampai tahapan Validasi dan Verifikasi untuk menetapkan hasil akreditasi.

Semua tahapan tersebut memerlukan pengelolaan data yang akurat dan tepat waktu untuk memfungsikan Sispena 3.1 dalam pelaksanaan akreditasi. Memperhatikan kondisi ini, BAN PAUD dan PNF menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pelatih Aplikasi Sistem tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan secara virtual pada tanggal 24-25 Mei 2021.

Peserta Pelatihan Pelatih Aplikasi Sistem terdiri dari 3 (tiga) orang, yaitu: 1 anggota Komisi SIMA dan 2 orang staf sekretariat BAN PAUD dan PNF Provinsi. Dengan demikian, total peserta kegiatan berjumlah 102 orang berasal dari 34 provinsi seluruh Indonesia. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua BAN PAUD dan PNF, Prof. Dr. Supriyono, M.Pd. Hadir sebagai narasumber Prof. Dr. Biyanto, M.Ag. dan Ade Cahyana, M.Sc. Keduanya adalah Anggota BAN PAUD dan PNF dari Komisi SIMA.

Disamping itu, Tim Ahli serta Sekretariat BAN PAUD dan PNF juga mendampingi sesi kelompok selama kegiatan. Dalam kegiatan ini seluruh peserta dibekali pengetahuan dan keterampilan mengenai Sistem Penilaian Akrediasi (Sispena) 3.1 mulai dari tahapan pengisian PPA oleh asesi, penilaian KPA, Visitasi, hingga Validasi dan Verifikasi untuk menetapkan hasil akreditasi satuan PAUD dan PNF. Khusus pada 2021, BAN PAUD dan PNF melakukan akreditasi satuan PAUD dan PKBM.

Dalam sambutan pembukaan, Anggota BAN PAUD dan PNF Komisi SIMA, Prof. Dr. Biyanto, M.Ag. menyampaikan peran penting Komisi SIMA dalam pelaksanaan akreditasi. Itu karena seluruh tahapan akreditasi pada era pandemi dilaksanakan secara daring. Dengan pelaksanaan akreditasi secara daring, maka kemampuan pengelolaan data satuan dalam Sispena 3.1 penting dimiliki anggota dan staf sekretariat komisi SIMA BAN PAUD dan PNF Provinsi.

Tujuan pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Pelatih Aplikasi Sistem adalah (1) Mensosialisasikan Sispena 3.1 sebagai aplikasi pelaksanaan akreditasi online tahun 2021; (2) Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta pengembangan dan pemeliharaan database Sispena 3.1; dan (3) Mempersiapkan tenaga/personel terlatih untuk mendampingi dan mensosialisasikan Sispena 3.1 pada pihak-pihak yang memerlukan.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta sehingga mereka memiliki kemampuan yang baik untuk mendampingi dan menyosialisasikan Sispena 3.1 kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Terutama sekali adalah satuan PAUD dan PKBM yang akan mengikuti kegiatan akreditasi 2021.

Oleh :

Ade Cahyana, M.Sc ( Anggota BAN PAUD dan PNF )

Afriyanto Subekti, S.Si ( Sekretariat BAN PAUD dan PNF )